Definisi, Karakter dan Kritik Terhadap Teori Sistem

Sistem adalah pengertian yang paling banyak dipakai dalam ilmu politik dan hubungan internasional pada saat ini. Sistem dapat dijelaskan sebagai :

a. Kerangka teoritis untuk mengumpulkan data mengenai fenomena politik.

b. Kesatu integrasi saling berhubungan berdasarkan serangkaian hipotesa variabel politik, misalnya sistem internasional yang melibatkan pemerintah dunia.

c. Serangkaian hubungan diantara variabel politik dalam sebuah sistem internasional misalnya sistem bipolar.

Satu set variabel interaksi

Teori sistem merujuk pada serangkaian pernyataan mengenai hubungan diantara variabel dependen dan independen yang diasumsikan berinteraksi satu sama lain. Artinya perubahan dalam satu atau lebih dari satu variabel bersamaan atau disusul dengan perubahan variabel lain atau kombinasi variabel.

Anatol Rapoport menyatakan, “satu kesatuan yang berfungsi sebagai satu kesatuan karena bagian-bagian yang saling bergantung dan sebuah metode yang bertujuan menemukan bagaimana sistem ini menyebabkan sistem yang lebih luas yang disebut sistem teori umum”.

Sebuah sistem bisa longgar atau ketat, stabil atau tidak stabil. Sistem lebih kecil yang disebut subsistem mungkin hidup dalam sistem yang lebih luas. Sebuah sistem memiliki batas-batas yang membedakan dari lingkungan. Setiap sistem merupakan jaringan komunikasi yang membuka aliran informasi untuk proses penyesuaian diri.

Setiap sistem memiliki inputs dan outputs. Sebuah output satu sistem mungkin menjadi input sistem lain yang biasa juga disebut “feedback”.

KRITIK TERHADAP TEORI SISTEM

Meskipun sistem teori umum memiliki pengaruh kuat sehingga menjadi pendekatan dominan dalam studi politik, namun teori ini bukannya tidak ada kritik. Menurut Harold dan Margaret Sprout, sejumlah teoritisi sistem “secara eksplisit mengenalkan konsep organisme mengenai diskusi tentang negara dan sistem internasional”.

Meskipun mereka menyatakan bahwa “sebagian teoritisi sistem akan berhenti untuk mengklaim bahwa struktus dan fungsi sosil dan biologi adalah isomoporik namun benar-benar dalam pemahaman metafisik”, Sprout mempertanyakan “apakah teori itu memperjelas dan memperkaya wawasan dalam operasi organisasi politik dengan menggunakan mereka meskipun secara metaporis dengan struktur pseudobiologis dan fungsi pseudopsikologis”.

Kritik lain muncul dari Stanley Hoffmann yang mengatakan bahwa teori sistem tidak memberikan sebuah kerangka untuk mencapai predikbilitas. Dengan mengkombinasikan ideal ilmu deduktif dengan keinginan mencapai predikbilitas, Hoffmann menyatakan teori sistem menjadi tautological (pengulangan).Kritik Hoffmann adalah teoritisi sistem menggunakan teknik pribadi yang tidak tepat meminjam dari disiplin lain seperti sosiologi, ekonomi, sibernetik, biologi dan astronomi.

Pada saat yang sama, Hoffmann mengkritik model yang mengandung pola interaksi karen kurang referensi empiris.Menurut Hoffmann, model sistem karena bertujuan generalisasi tingkat tinggi dan penggunaan alat-alat dari disiplin lain, tidak “menyentuh bidang politik”. Penekanan banyak dari model sistem terhadap teori komunikasi menyederhanakan sistem komunikasi manusia dan masyarakat mengabaikan substansi pesan yang dibawa jaringan itu.Karena penekanan terhadap konsep stabilitas, keseimbangan, kesiapan dan pola pemeliharaan, teori sistem dikritik karena adanya bias ideologis untuk mendukung statusquo, meskipun teori ekuilibrium tidak berkonotasi bias terhadap perubahan.

Kritik ini terutama diarahkan khususnya pada fungsionalisme struktural meskipun ada respon dari Merton yang berargumentasi bahwa pengkritiknya menuduh bias demi mendukung perubahan karena esensi alamiah mekanistik analisa struktural fungsional dan kelemahannya untuk rekayasa sosial.Selain itu studi sistemik dikritik karena tak bisa secara spesisik atau menjelaskan basis epistemologinya. Sejak awal, penuli teori sistem mengarahkan karyanya pada pernyataan substantif tentang kekuasaan dan stabilitas tanpa memperjelas dalam definisi atau variabel yang jelas. (Asep Setiawan)

Reblog this post [with Zemanta]</div

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Teori Hub Internasional dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

42 Balasan ke Definisi, Karakter dan Kritik Terhadap Teori Sistem

  1. ismah berkata:

    politik islamnya dikaji lebih luas. trimakasih

  2. annisa berkata:

    minta pengertian sistem menrut sapa aja? plis…..

  3. bim-bim berkata:

    sistem dari teori sebenarnya adalah kita sebagai peneliti sekaligus pengamat dari fenomena yang ada (Poerwandari, 2004). kita selaku sistem akan mengulang dan memperbaiki persamaan dan pertidaksamaan variabel dependen dan variabel independen yang terjadi selama kehidupan kita, dan jangan lupa masih ada variabel konstanta. baik secara normatif maupun relatif, kita selalu terikat pada keseluruhan dari dominasi manusia di bumi. akan tetapi bukan sebagai bagian dari sistem akan tetapi sistem itu sendiri. manusia sebagai individu adalah sistem yang secara naluriah memiliki pengetahuan, indera dan pengalaman untuk mengases lingkungannya dan mengembangkan dirinya.

  4. CAY berkata:

    tolong pak bos, perbedaan antara realisme,liberalisme,neo realis n neo liberalisme?

  5. wt aja.. berkata:

    minta dong perbedaan antara teori, konsep, definisi..cepet yo,coz snen dikumpul ni..hhee

  6. iNI zHiE berkata:

    toloNg dunK kasi tau Konsep-Konsep Globalisasi and Regionalisme…Trus kenapa Musti Globalisasi se??

  7. Uun berkata:

    apa pengertian negara ,kekuasaan,pengambilan keputusan,kebujakan,pembagian/alokasi berdasarkan ilmu politik, beserta ahli2nya,pleaseeee,tolong jwabanya!!!!!!!

  8. ayUu.. berkata:

    teori sistem sosiologi tuh apa ci????minta penjelasan yang selengkapnya ya…mkci..tugas minggu depan neh..

  9. eb berkata:

    regionalisme dunkzz..
    mendukung perdamaian dunia gak??
    thuankz..

  10. fajar berkata:

    tolong dong minta info tentang feminisme dan green peace

  11. wulan berkata:

    tolong dunk minta penjelasan hubungan antara sosiologi,ekonomi,dan politik!!!!!!!!!
    besok mau dikumpul….thanks ya,,,,

  12. Kis berkata:

    Tolong DunkZ…
    Jelasin tentang sistem internasional…
    cuz..aQ masih lom bisa ngerti..
    thx…

  13. tommy berkata:

    teori-teori HI saat ini yg kita gunakan tentunya adalah “produk” dari bentuk “dominasi/hegemoni”
    karena ketakutan akan apa yg dinamakan “kehilangan kontrol atas…….”. teori2 tsb memang tendensius sejak awal dikreasikan dan tentu akan menunjukkan aslinya saat kita kaji.
    Kritisisme oleh karena itu sangat diperlukan meskipun jangan memakai budaya “parochial” yg asal kritik tetapi juga memberikan solusi alternatif. artinya kita tunjukkan kelemahan teori itu dan sekaligus menyediakan alternatifnya.
    karena teori (terutama dalam ilmu sosial) relatif.
    salam kenal aja
    Dr. Gue

  14. oche berkata:

    aduh…tolong dong aq kasih tau definisi sistem penjualan dan pemesanan. tolong cepet yah aq btuh banget!thanks

  15. juju berkata:

    tolong dunkz jelasin lingkup,fungsi,uraian lojik,uraian fisik,pelaporan manajemen dan pengendalian intern sistem penjualan dan pemesanan,bsk dikumpulin neh…
    cptan yach…thx b4

  16. ginna berkata:

    haah? saya gag mudeng maksudnya neeh. bahasanya susahh. trus ngomongin ttg definisi kok malah ngelancir ampe kmana-mana. capedeh

  17. fajrin berkata:

    tolong bantuannya :
    1.definisi sistem sosial
    2. unsur2 sistem sosial
    3. berbagai kelompok sosial

  18. vita berkata:

    mnta pengertian globalisasi dunk!!trus dampak bagi indonesia apa?? faktor datangna jga apa sy?? duuh q dapet tugas neeeh….

  19. hamam mukson berkata:

    bagaimana sistem yang baik untuk dunia pendidikan?

  20. harry kudo berkata:

    arigatou,, makasih tentang teori sistem n kritikan nya,, jd bahan referensi saya,,

  21. Berla Anugrah berkata:

    mengapa semua hal harus memiliki sistem?? bila tidak??

  22. LASAUSDIN berkata:

    hey……..
    oh masalah soal sistem……….
    menurut q kurang!!!!!!!!
    TAMBAIN DONG BIAR KOMPLIT GHI

  23. dreaming berkata:

    q minta dijelasin scara detail
    tentng pengertian sistem,
    baik dr segi agama maupn
    scr globalisasi
    thax
    ithu aja dhe

  24. sakti berkata:

    thanks buat teori su=istemnya tapi minta yang lain lah ttg teori sistem mnurut siapa jak

    thanks sekali lagi

  25. ady berkata:

    apakah ada sumber yang menjelaskan tentang definisi pemesanan? tolong yah, terima kasih

  26. doni berkata:

    minta tolong neh…
    mengenai bagaimana sistem demokrasi di indonesia bila ditinjau dari teori sistem ??

    makasih sebelumnya

  27. lie_a berkata:

    help me please….
    jelaskan sejauh mana keunggnlan teori sistem dalam menjelaskan sebuah siatem politik?
    Thanks be4….

  28. Daniel Wantik berkata:

    Teori sistem merujuk pada serangkaian pernyataan mengenai hubungan maka apa saya nya kita merontak hal kebenaran.

  29. yas berkata:

    kasih tau pengertian ttg :

    1.sistem

    2.sistem pendidikan

    3.teori pendekatan sistem

    sebanyak banyaknya iaa ..

    min 5 ..

    makasih ..

  30. ardhaniah berkata:

    tolong dunk pengertian globalisasi trus konsep-konsep globalisasi n dampaknya terhadap indonesia

  31. Ping-balik: Sistem dan Organisasi 14/10/09 « akbPhotoworks

  32. kamrudin berkata:

    apakah teori sistem tersebut yang ter uptodate

  33. yana efendy berkata:

    Apa unsur dari globalisasi secara umum itu tersendiri?

  34. sarah berkata:

    bagaimana perkembangan NGO dalam HI? Bagaimana konsepnya?trims

  35. Ping-balik: Definisi, Karakter dan Kritik Terhadap Teori Sistem « Tito0809’s Weblog

  36. reginacute.sandehang@gmail.com berkata:

    Tolong dong aku,.. apa sih
    1. kelemahan dan kekuatan perencanaan pendidikan
    sebagai suatu sistem?
    2. kebaiakan dan kelemahan buku teori sistem dan
    aplikasinya dalam manajemen pendidikan

  37. makasih untuk devinisi yg bgus n dpt q pahami

  38. Moderator berkata:

    Para pengunjung mohon maaf kalau setiap pertanyaan tidak terjawab, silahkan kalau ada pengunjung lain memberikan pencerahan

  39. Ping-balik: Sistem dan Organisasi 14/10/09 « unlined pages of muhammad akbar

  40. Ely berkata:

    definisi karakter d0nk menurut para ahli. krim ke email yc gan?

  41. bahti berkata:

    jadi teori sistem itu apa?

  42. enda berkata:

    jadi, bagaimana pendekatan teori sistem itu ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s