Tag

Sebelum mengkaji hubungan internasional di Asia Pasifik ada baiknya meninjau secara singkat terlebih dahulu apa yang dinamakan kawasan tersebut. Hal ini untuk memudahkan mengidentifikasi seberapa luas kawasan yang menjadi bahan studi ini dan seberapa besar aktor yang terlibat dalam interaksi di wilayah tersebut. Dengan mengetahui batasan-batasan secara ilmiah apa yang disebut kawasan Asia Pasifik, maka akan memudahkan analisisi dan deskripsinya.

Konsep Asia, demikian Mark Borthwick, ditemukan oleh orang Yunani pada abad ke-5 SM.[1] Bagi Homer, kata “Asia” berarti hanya kawasan Anatolia (Turki modern). Bagi orang Yunani yang membagi dunia jadi tiga bagian besar, Asia disebutnya “Asia Minor”. Sedangkan Asia yang riil disebutnya “Asia Mayor”. Ungkapan Asia itu melingkupi Kekaisaran Rusia yang luas, kaya dan kuat sampai ke sebelah timur Anatolia. Bayangan tentang Asia telah menjadi impian Alexander Agung untuk menaklukannya.

Konsep “Asia” itu sendiri yang tidak ditemukan oleh bangsa Asia  diakui terbagi kedalam beberapa wilayah.Para sejarawan membagi wilayah itu antara lain kedalam Asia Selatan dan Asia Barat Daya. Asia Barat Daya meliputi Semenanjung Arab, Turki, Irak dan Iran.

Sedangkan mengenai kata Asia Pasifik para sejarawan dan ahli geografi  menyatakan terdiri dari Asia Timur dan Asia Tenggara yakni dua sosiogeografi besar yang disamping Oceania, Amerika Utara dan Amerika Selatan disebut sebagai Pacific Basin (Ceruk Pasifik).

Untuk Asia Timur secara singkat terdiri dari Cina dan Asia Dalam seperti Manchuria, Mongolia, Xinjiang , Tibet, Hongkong dan Taiwan. Selain itu terdapat golongan negara Korea, Jepang dan Siberia Timur yang masuk sekarang kedalam negara Rusia.

Asia Tenggara memiliki dua bagian besar yakni Asia Tenggara Daratan dan Asia Tenggara Kepulauan. Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand dan Myanmar dapat disebut sebagai bagian dari Asia Tenggara Daratan. Sedangkan Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina digolongkan Asia Tenggara Kepulauan.

Selain dua kawasan besar itu terdapat pula Oceania yang terdiri dari Australia, Selandia Baru dan negara-negara Kepulauan Pasifik. Sedangkan di Amerika Utara terdapat Kanada dan Amerika Serikat  yang kemudian di Amerika Selatan banyak negara Amerika Latin seperti Cile dan Meksiko. Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik yang disingkat APEC merefleksikan keanekaragam dalam kawasan ini.

 


[1] Mark Borthwick, Pacific Century. Boulder, Westview Press, 1992, hal. 6-7