Tag

, ,

Tahun ini dalam sistem penaggalan China disebut Tahun Naga Air sebuah isyarat menuju transisi, ketidakpastian dan perubahan.

Demikian juga ekonomi Asia. Menurut Rajiv Biswas dalam BBC News, ekonomi Asia Pasifik menghadapi tahun ketidakpastian.

Tahun 2012 in juga dipenuhi ketidakpastian politik dengan pemilihan presiden Amerika dan Perancis serta perubahan kepemimpinan di China.

Kongres Partai Komunis China akan berlangsung menjelang akhir tahun ini akan memilih Komite Sentral dan anggota Komite Tetap Politbiro. Dengan Kongres ini Presiden Hu Jintao dan PM Wen Jiabao akan mengundurkan diri dari Komtie Tetap. Ini akan muncul generasi baru pemimpin China yang akan ditetapkan Maret 2013.

Perubahan di bidang politik seperti di China dan AS ini tidak diikuti ketidakpastian ekonomi. Menurut perkiraan, pertumbuhan ekonomi Asia Pasifik masih akan tetap tercepat di dunia tahun ini. Bahkan pertumbuhan tahun ini akan lebih tinggi dengan perkiraan 5,3% padahal tahun 2011 diramalkan hanya mencapai 4,5%.

Situasi di Asia ini akan kondusif karena pemulihan ekonomi Amerika akan berlanjut tahun 2012. Bahkan China juga akan tetap tumbuh dalam kisaran 7,8% sehingga menepiskan kekhawatiran akan kondisi ekonomi Asia.

Jepang juga diperkirakan akan menggeliat kembali karena normalisasi produksi industri dan stimulus fiskal pasca bencana gempa dan tsunami. Industri Jepang diperkirakan tumbuh 9,5% setelah tahun 2011 merosot sampai 2,8%.

Dengan situasi seperti ini Tahun Naga Air mungkin akan lebih menarik karena gairah ekonomi Asia masih tinggi dibandingkan dengan Eropa. Namun demikian tetap harus diwaspadai dampak melemahnya Eropa yang akan menyebabkan arus ekspor ke Asia terutama dari China yang akan meningkatkan kompetisi di kawasan. *** (Asep Setiawan)