Isu-Isu Hubungan Internasional Pasca Perang Dingin

  Oleh Asep Setiawan 

I.     Pendahuluan 

Perang Dingin (Cold War) ditandai dengan pembagian blok yang kentara antara Blok Timur pimpinan Uni Soviet yang berhaluan komunis dengan blok Barat pimpinan Amerika Serikat yang menganut kapitalisme. Hubungan internasional pada kurun waktu sejak berakhirnya Perang Dunia II tak lepas dari kerangka Perang Dingin.         

Dominasi  Uni Soviet dan Amerika Serikat terhadap para sekutunya menyebabkan hubungan internasional sangat dipengaruhi kepentingan kedua negara adidaya.  Tidak mengherankan muncullah blok-blok aliansi yang lebih didasarkan pada persamaan ideologis.Hampir semua langkah diplomatik dipengaruhi oleh tema-tema ideologis yang kemudian dilengkapi dengan perangkat militer.  Pertentangan sistem hidup komunis dan liberal ini sedemikian intensifnya sehingga pada akhirnya perlombaan senjata tak dapat dihindarkan lagi karena dengan jalan menumpuk kekuatan nuklir itulah jalan terakhir menyelamatkan ideologinya.

Menurut Juwono Sudarsono (1996), secara resmi apa yang dikenal sebagai Perang Dingin berakhir pada kurun waktu 1989-1990 dengan runtuhnya Tembok Berlin pada 9 November 1989 serta menyatunya Jerman Barat dan Timur pada 3 Oktober 990. Perkembangan itu disusul dengan bubarnya Uni Soviet pada 25 Desember 1991 bersamaan dengan mundurnya Mikhail Gorbachev sebagai kepala negara. Setelah berakhirnya Perang Dingin yang ditandai antara lain runtuhnya Tembok Berlin dan bubarnya Uni Soviet, Amerika Serikat menjadi satu-satunya negara adidaya. Artikel ini berusaha mengeksplorasi tema-tema yang muncul dalam hubungan internasional setelah Perang Dingin .  Munculnya tema-tema baru atau berlanjutnya tema-tema lama dalam kerangka hubungan antar bangsa tak hanya mengubah cara pandang negara besar terhadap negara kecil tetapi juga dalam tingkat tertentu bisa menggeser pola diplomasi antar negara. 

II. Pola Perang Dingin

Paradigma  Perang Dingin 1949-1989 seperti Juwono jelaskan terbagi pada beberapa tahap perkembangan sesuai dengan realitas hubungan antar bangsa.  Juwono menilai secara politis Perang Dingin terbagi atas tahap 1947-1963 dengan beberapa puncak persitiwa seperti Blokade Berlin 1949, Perang Korea 1950-1953, Krisis Kuba 1962 dan Perjanjian Proliferasi Nuklir 1963.Selanjutnya selama Perang Vietnam 1965-1975, paradigma Perang Dingin terbatas pada persaingan berkelanjutan antara AS dan Uni Soviet di beberapa kawasan strategis dunia.

Salah satu yang terpenting, kata Juwono, terjadi dalam Perang Arab-Israel 1967-1973. Perundingan senjata  strategis yang mulai dirintis dan dikukuhkan melalui Perjanjian SALT I juga menjadi salah satu ciri periode ini.Selama kurun waktu yang panjang itulah isu-isu seperti pertentangan ideologis, perebutan wilayah pengaruh, pembentukan blok militer, politik bantuan ekonomi yang dilatarbelakangi kepentingan ideologis, spionasi militer dan pembangunan kekuatan nuklir menjadi tema-tema penting.

Oleh karena itu di tengah pertentangan  Blok Timur dan Barat itulah muncul apa yang disebut Negara Non Blok. Indonesia menjadi salah satu pelopor berdiringa Gerakan Non Blok yang banyak menarik perhatian negara-negara yang baru merdeka sesudah 1945. Cina meskipun tergolong negara besar dan memiliki hak veto di Dewan Keamanan PBB, namun menjadi salah satu anggota GNB hingga kini. 

III. Isu-isu baru

Berakhirnya salah satu episode dalam hubungan antar bangsa berupa Perang Dingin, melahirkan realitas baru dalam perhatian negara besar dan negara yang bekas komunis. Isu-isu utama yang menjadi pilar hubungan internasionalpun mengalami pergeseran. Meskipun isu lama yang menyangkut keamanan nasional dan pertentangan masih tetap berlanjut namun tak dipungkiri adanya perhatian baru dalam tata hubungan antar negara dan antar bangsa.

Menurut Juwono, sedikitnya ada empat isu yang jadi sorotan baru. Pertama, pada era pasca Perang Dingin, perhatian lebih difokuskan pada usaha memelihara persatuan  dan kesatuan bangsa menghadapi lingkungan internasional yang belum jelas.

Pakar Hubungan Internasional dari Universitas Indonesia ini menyebutkan, lingkungan internasional sekarang lebih kabur, lebih tidak menentu dan lebih mengandung kompetisi meraih akses pada ilmu, modal dan pasar di negara-negara kaya.

Kedua, sorotan ini tidak terlalu baru tapi sekarang muncul ke permukaan yakni soal keamanan regional. Fenomena di Asia Tenggara dengan prakarsa ASEAN mengukuhkan zona bebas nuklir termasuk salah satu ciri dimana keamanan regional penting bagi kawasan ini.Ketiga, sorotan dunia jatuh kepada masalah ekonomi-politik internasional.

Isu ini sebenarnya telah bangkit sekitar 1971-1972 ketika sistem Bretton Woods runtuh pada saat kebangkitan ekonomi Jerman dan Jepang mulai menganggu pasar AS. Jika disorot lebih dalam, pembentukan blok-blok ekonomi bisa dikatakan sebagai akibat dari menguatnya isu ini.Menurut Juwono, perhatian keempat terpusat pada apa yang dinamana sebagai “3 in 1” yakni lingkungan hidup, hak asasi manusia dan demokratisasi. 

Dibandingkan dengan tiga tema di atas, isu ini sangat dominan dalam pemberitaan pers internasional. Bahkan dalam setiap konferensi dan pertemuan puncak, masalah ini tidak jarang disinggung terutama ketika negara-negara industri menyoroti negara-negara yang sedang berkembang.Bilhari Kausikan  (1993), Direktur Biro Asia Timur dan Pasifik di Kemlu Singapura sudah meramalkan bahwa isu HAM telah menjadi isu yang legitimate dalam hubungan antar negara.  Ia menyatakan, bagaimana sebuah negara memperlakukan warga negaranya tak lagi masalah eksklusif sebuah negara.

Pihak lain dapat dan memiliki legitimasi mengklaim keprihatinan terhadapnya.“Kini sedang muncul budaya global HAM dan tubuh hukum internasional mengenai HAM perlahan berkembang terkodifikasi melalui Piagam PBB, Deklarasi Universal HAM dan instrumen lainnya,” tulis Kausikan seraya menegaskan bahwa isu HAM tetap tidak akan menjadi isu utama dalam hubungan internasional.

Namun demikian, penekanan Barat terhadap HAM akan mempengaruhi nada dan tekstur hubungan internasional pasca Perang Dingin.Menurut Kausikan, isu-isu HAM menyangkut soal upah, kondisi bekerja, serikat buruh, standar hidup, hak-hak wanita dan anak-anak, hiburan dan waktu cuti, keamanan dan tunjangan sosial serta lingkungan.  Ia melihat telah terjadi pemaksaan dari Barat untuk menentukan standar HAM yang seharusnya dilaksanakan negara-negara di Asia misalnya.

Sedangkan Aryeh Neier, Direktur Human Rights Watch, menyebutkan lebih spesifik nilai-nilai HAM yang disebarkan di seluruh dunia. Ia antara lain menyinggung soal hak setiap orang bebas dari hukuman tak adil dan arbitrari, persamaan ras, etnik , agama atau gender. Hal-hal ini ikut menentukan pola hubungan antar negara.

Hasjim Djalal dalam tulisannya Indonesian Foreign Policy at the Afvent of 21st Century menyebutkan, The Problem of democratization and human rights will also become more prominent and their impact on foreign policy cannot be ignored.

Analisa Djalal itu menunjukkan bahwa masalah yang menyangkut hak asasi manusia, dari sudut manapun ditinjaunya, akan memberikan dampak terhadap politik luar negeri suatu negara. Hal itu juga berarti bahwa kontak satu entitas politik dengan entitas lainnya akan mendapat bobot soal HAM ini.

Dalam kasus HAM dan juga demokratisasi sebagai contoh dapat dilihat bagaimana Uni Eropa dan Amerika Serikat bersikap terhadap Myanmar. Negeri yang pernah melakukan pemilu tahun 1990 yang dimenangkan Liga untuk Demokrasi pimpinan Aung San Suu Kyi ini terpaksa harus hidup dalam situasi darurat terus menerus.Untuk menjaga keadaan darurat itu, militer Myanmar membentuk apa yang dinamakan Dewan Pemulihan Hukum Negara dan Ketertiban (State Law and Order Restoration Council). Sampai tahun 1997, SLORC masih bertahan atas nama ketertiban negara. Melalui Konvensi Nasional sedang disusun konstitusi yang kemudian akan melahirkan pemilihan umum.     

IV. Kesimpulan 

Perubahan lingkungan mempengaruhi hubungan antar bangsa. Jika pada masa Perang Dingin isu-isu ideologis dan militer sangat dominan. Hampir semua hubungan antar bangsa diterjemahkan kedalam konteks perang ideologi.Pada era pasca Perang Dingin, tema-tema ideologis menyurut. Sebagai gantinya muncul isu-isu seperti hak asasi manusia, politik-ekonomi dan demokratisasi sebagai salah satu indikator yang menentukan hubungan internasional                                                                

Daftar Pustaka

1.   Sudarsono, Juwono , State of the Art Hubungan Internasional: Mengkaji Ulang Teori Hubungan Internasional dalam Perkembangan Studi Hubungan Internasional dan Tantangan Masa Depan. Jakarta, Pustaka Jaya, 1996.

2.   Kausikan, Bilahari, Asia’s Different Standard. Foreign Policy, Vol. 32. No. 92, Autumn 1993

3.   Neier, Aryeh, Asia’s Unacceptable Standard. Foreign Policy, Vol. 32, No. 92, Autumn 1993.

4.   Mas’oed Mohtar, Ilmu Hubungan Internasional : Disiplin dan Metodologi. Jakarta, LP3ES, 1990

5.   Sukma, Rizal, Hubungan Internasional Dekade 1990-an dalam Jurnal Ilmu Politik No. 15. Jakarta, Gramedia, 1995

6.   Viotti, Paul R., International Relations Theory. New York, MacMillan Publishing Company, 1993.7.   Lamborn, Alan C., Theory and The Politics in World Politics dalam International Studies Quarterly, Vol. 41. Number 1, June 1997.

8.   Djalal, Hasjim, Indonesian Foreign Policy at the Advent of the 21st  Century dalam The Indonesian Quarterly, Vol. XXIV No. 3, 1996.                                                                                             

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Global Politics. Tandai permalink.

193 Balasan ke Isu-Isu Hubungan Internasional Pasca Perang Dingin

  1. Novi Muharrami berkata:

    Artikel menarik yang membuat saya ingin berkorespondensi untuk berdiskusi mengenai masalah hubungan regional.

  2. Editor berkata:

    Silahkan Bung Novi kirim email saja ke asepsetia@yahoo.com. Kebetulan waktu saya menyusun skripsi S-2 di Birmingham University mengenai normalisasi Indonesia dan Cina. Ditunggu emailnya.

  3. Artikel anda sangat berrelevansi dengan mata kuliah saya. saat ini saya sedang menyusun mini skripsi dengan judul DAMPAK TERORISME BAGI KEAMANANAN DI ASIA TENGGARA. Barangkali anda ada ide,saran mengenai judul ini. saya tunggu balasan via email: ti_quero85@keromail.com

    Mahasiswa UNPAZ (DILI-Timor Leste)
    Jurusan Hubungan INternasional.

  4. Editor berkata:

    Mengenai terorisme dan pengaruhnya belum saya tulis namun menarik untuk dikaji. Ulasan hubungan internasional lainnya dapat Anda simak di theglobalpolitics.com

  5. reza berkata:

    mas bole saya nanya, gimana menurut mas perkembangan demokrasi setelah perang dingin?
    dan gimana hubungan antara globalisasi dan demokrasi?

    trima kasih,

    tolong beri komennya

    ditunggu

    reza(HI-Unpar)

  6. giar berkata:

    wah boleh juga tuh , boleh nanya nga nih ..gw lagi kurang bahan referensi buat skripsi gw
    ngambil india ,pakistan gw bahas tetang kekeuatan militernya india ada yang mau bantu nga ya lagi sedikit pusing

    sebelumnya terimakasih
    giar HI unas

  7. sokha berkata:

    artikel ini dipake di pelajaran sejarah di sekolah saya loh.. artikelnya keren! yaa walaupun saya bacanya mesti 2-3 kali.. hihi..tapi ngasih pengetahuan baru ke saya.

  8. finiincolour berkata:

    artikel diatas dijadiin referensi bacaan sama guru sejarah di sma saya, kaitanya dengan perang dingin..
    sempet pusing bacanya. tapi pas baca kesimpulanya jadi ngerti.

  9. Editor berkata:

    Mas Reza untuk perkembangan kajian hubungan internasional silahkan merujuk ke situs saya yang terbaru http://the-globalpolitics.com.

    Bung Giar saya nulis tentang pola kekuatan di Asia Selatan, silahkan juga lihat di the-globalpolitics.com

    Untuk Sokha dan fiincolour terima kasih sudah dijadikan referensi.

  10. zuhri HI UNWAHAS SMG berkata:

    salam hormat, artikel2 anda sangat menarik bahkan temen2 qt di semarang mulai menjadikan artikel anda sebagai salah satu referensi, saya minta info ato data tentang kerjasama militer AS-Indonesia pasca ORBA untuk pembuatan skripsi saya makasi atas kerjasama n perhatiannya SUKSES SELALU!

  11. edi berkata:

    eh ada yang punya bahan aliansi unisoviet dan china gak masa perang dingin. mungkin dari prosesnya sampai tujuan pembentukan aliansi n lain2. bagi donk????? susah juga cari bukunya yang pas dalam proses pembentukan aliansi kedua negara tersebut tolong yaaaaaaaaaaaaaaaa

  12. indah berkata:

    mas, saya sedang menyusun skripsi tentang pengaruh harga minyak dunia terhadap pembangunan Indonesia. ada saran ?. ohya aku juga ingin tanya bangaimana pengaruh perang dingin terhadap harga minyak mentah dunia?.
    di tunggu jawabannya ya mas. matur nuwun. (indah HI UMY 2002)

  13. Pu2t berkata:

    Artikel ini sangat menarik.,dan menambah referensi saya mengenai jurusan yang saya ambil.,kalo ada info-info terbaru tentang masalah Internasional kirim via email saya ya.,saya butuh banyak referensi tentang jurusan yang saya ambil.,karena saya sangat tertarik sekali dengan isu-isu global saat ini.,makasih.,sebelomnya.,
    pu2t (HI UNPAS ’05)

  14. putri berkata:

    Ass. mas saya mau tanya masih terkait dg mslh hak dan konstruksi sosial yg ada tp lebih difokuskan pd gender. saya merasa tertarik wkt mlihat lingkungan saya dan beberapa pengalaman teman-teman yg sampai skrg masih merasakan diskriminasi gender. mungkin saya sedikit tertarik dg pemikiran postmodernist yg bs mengkonstruksi ulang beberapa tatanan, tp gak jg mjd hal yg destruktif bg hal lain..oia mas saya mau cb ngangkat judul ttg prostitusi anak dalam jaringan transnasional, tp bingung..saya jgtertarik dg Iran terutama Ahmadinejad. kalau saya paake idiosinkretiknya, apa saya jg harus bahas variabel nuklir? krn ahmadinejad sendiri erat kaitannya dg mslh pengembangan nuklir..maaf ya mas kalo byk nanya,,saya mau cb bljr, mdh2an mas asep bs kasi saya masukan..
    makasi
    ^^putri, HI Unpad

  15. Editor berkata:

    Putri, Saya kira Iran sangat menarik terutama faktor idiosinkretik Ahmadinejad sebagai mantan walikota Teheran yang menjadi presiden. Perilakunya merupakan campuran antara garis keras dan tokoh yang mencerminkan tokoh politik lokal tanpa pengalaman internasional yang banyak seperti pendahulunya. Dan dia juga bukan seorang mullah.

  16. Editor berkata:

    Bung Edi, kalau tidak salah Cina-Soviet ada di buku CSIS, kalau tidak salah kumpulan paper tahun 1980-an dan tebal sekali, saya lupa judulnya. Kalau di CSIS banyak sekali artikel mengenai itu.

  17. jessica piesesha berkata:

    saya ingin mendapatkan berita mengenai mengapa atau apa latar belakang mengapa konflik di iraq antara sunni syiah masih terus berkecamuk?terima kasih sebelumnya

  18. yayan berkata:

    bagaimana kaum konstruktivis memandang politik luar negeri indonesia?trus hal-hal apa saja yang harus dianalisis ketika mengkaji isu-isu internasional dalam bingkai konsyruktivis?mohon penjelasannya lewat email.thanks

  19. Ambar berkata:

    analisis yang sangat bagus sekali.ada satu komponen lagi masalah demokratisasi, ekonomi dan politik serta ham. Bagaimana kondisi kajian lingkungan dalam ranah hubungan internasional pasca perang dingin? saya kira ada banyak sekali kasus – kasus lingkungan hidup yang memerlukan perhatian lebih mendalan karena bersifat trans boundary!
    Up date berita terbaru dari web ini bisa dikirim ke email saya nggak? trims. aku tertarik sekali nih …

  20. rangga berkata:

    analisa bapak sangat membantu skripsi saya terutama dengan di cantumkan daftar pustaka. namun bisakah bapak membantu saya dalam menjelaskan geopolitik pada masa perang dingin. itu akan sangat membantu sekali. trimakasih.

  21. harlly HI UPN yk 'O2 berkata:

    Situasi pasca perang dingin sangat bermacam2. salah satunya peningkatan sistim persenjataan nuklir. mas bisa minta tolong, saya kurang data mengenai skripsi saya yang berjudul KEBIJAKAN PERTAHANAN JEPANG DALAM MENGHADAPI UJI COBA NUKLIR KOREA UTARA 1998. saya minta tolong alamat website yang berhubungan dengan judul skripsi saya terutama dalam aliansi militer jepang-amerika serikat sejak tahun 1998-2006.tilong ya mas..

  22. waty berkata:

    mas,,, ada contoh2 judul skripsi Hub Internasional g mas,, tolongin donk mas…
    saya mhswi smester akhir ne,lagi bingung mo bahas ttg apa…tolong dibalas ke email saya yah mas…pleaseeee…. makaciy

  23. Editor berkata:

    Saya mulai dari Waty. Skripsi HI tergantung dari subjeknya. Umumnya mengenai HI atau politik luar negeri. Yang menarik mungkin perubahan politik luar negeri Irak pasca Saddam. Atau kebijakan nuklir Iran dalam politik luar negeri. Hubungan Iran-AS dibawah Ahmadinejad.

    Teman-teman lain maaf belum terjawab pertanyaannya.

  24. zenal berkata:

    ada referensi tentang militer jepang masa kini g? soalnya saya butuh banget neh untuk studi kebijakan strategis…please!!

  25. renold (timmy) berkata:

    tulisan yang mas buat sangat bagus menurut saya..
    mas saya adalah mahasiswa HI di Institut Ilmu sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta, dan saya punya kendala dalam penulisan skripsi saya yang berjudul:
    ” Cybercrime sebagai dampak dari Globlalisasi dan perspektif Hukum Internasional “.

    apakah mas dapat membantu saya dalam memberikan literatur2, buku atau data2 yang dapat menunjang tulisan saya?

    saya mengambil judul itu karena menurut saya itu adalah isu HI yang bisa dikatakan baru.

    dan saya ingin bertanya:
    apa sih definisi dari globalisasi itu?
    Dalam era globalisasi yang mulai memudarkan batas2 wilayah, masih relevankah fungsi negara? kenapa?

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih…

  26. renold (timmy) berkata:

    oiya mas saya juga minta saran tentang hukum internasional (konvensi-konvensi) yang berhubungan dengan cybercrime…

    mohon di balas ke e-mail saya ya mas..
    sebagian artikel artikel anda pernah saya jadikan referensi dalam makalah saya..

    terima kasih ya mas…

  27. Editor berkata:

    Bung Renold silahkan cari di google dengan word cybercrime atau kunjungi majalah wired.

    Globalisasi terjadi akibat kemajuan teknologi komunikasi dan informasi. Dunia menjadi desa global, satu faktor saling kuat mempengaruhi.

  28. evilya berkata:

    saya sedang mengerjakan thesis mengenai faktor idiosinkretik Ahmadinejad dan pengaruhnya terhadap kebijakan luar negeri Iran. Saya sangat kesulitan dalam mendapatkan teori mengenai faktor idiosinkretik tsb. Mohon bantuan.

  29. fa'i berkata:

    mas saya baru mau nyusun skripsi, kira-kira ada artikel menarik gak, tetapi gak susah cari referensinya. cuz dah lama gak kuliah karena kerja.

  30. jurianti berkata:

    mas, saya tertarik pada negara india dan cina, kira-kira ada gak kasus antara negara ini yang bisa dijadikan skripsi?bls ke email saya y mas.Thx

  31. akbar berkata:

    mas, saya mau buat skripsi tentang peranan NATO dalam penyelesaian berbagai konflik. yang ingin saya tanyakan mas, karena di civitas akademika saya skripsi haruslah positivistik yang fenomena kontemporer (sudah terjadi 2-4 tahun ke belakang dan masih ada relevansinya dengan keadaan sekarang) operasi NATO yang masih berlangsung hingga saat ini atau paling tidak kasus yang sudah NATO tangani 2-4 tahun yang lalu di daerah mana ya mas….makasih. balas ke e-mail saya mas…..

  32. Editor berkata:

    Mas Akbar, untuk operasi NATO terbaru dan berita serta analisis silahkan simak di http://www.bbc.co.uk

    Bung Jurianti, salah satu kasus terbaru India-Cina adalah kesepakatan damai perbatasan. Silahkan cek lagi

    Mas Fa’i yang menarik mungkin politik luar negeri Indonesia terhadap Irak: sebelum dan sesudah Saddam

    Bung Evilya mengenai faktor idiosinkratik, sudah banyak literaturnya. Salah satunya dari Morgan mengenai pengambilan keputusan pemimpin negara

  33. Deasy HI UNRI 04 berkata:

    saya sedang ngejar target biar bisa ngajukan judul secepatnya. hal yang menarik saat ini menurut saya adalah perlawanan Hugo chavez terhadap AS. ada g referensi yang berasal dari jurnal CSIS. saya sangat membutuhkannya. kalo ada tolong beritahu saya via email. hal yang mau saya angkat adalah masalah nasionalisasi perusahaan minyaknya. tolong kasih saran, masukan ataupun info terbaru mengenai topik tersebut. makasih banyak ya mas.

  34. raf berkata:

    mas saya sedang menulis tentang asia timur
    saat ini saya sedang membandingkan kawasan asia timur setelah perang dingin dg kawasan timur tengah
    bisa di carikan ttg keadaan asia timur pasca cold war..y mas………
    dkrm aja ke email saya ya mas……….
    thanks

  35. Editor berkata:

    Bung Deasy untuk bahan mentahnya silahkan cek ke http://www.bbc.co.uk

  36. dedy berkata:

    Saya lagi nyusun skripsi tentang kendala dan prospek China untuk menjadi sebuah negara superpower..saya membutuhkan saran, masukan, referensi dan info terbaru mengenai topik tersebut..
    thanks b4 mas…

  37. Geraldo Moniz berkata:

    Saya sekarang sedang memilih judul untuk dijadikan skripsi:
    1. Dampak globalisasi bagi kedaulatan negara Timor Leste
    2. Kendala bagi Asean untuk membrantas terorisme pada abad ke21.

    Saran, Referensi dan Ide sangat saya harapkan dari anda.

    ditunggu reply via E-mail
    Thanks

  38. Editor berkata:

    Saya akan usahakan cari referensinya Bung Geraldo, menarik sekali topik pertama. Saya punya artikel di situs ini mengenai bagaimana HAM mengubah topik dunia pasca Perang Dingin

  39. Geraldo Moniz berkata:

    Terima kasih banyak Bung.
    Bantuan dan Saran anda sangat bermanfaat bagi saya. Semoga anda tidak keberatan untuk dihubungi apabila saya mendapatkan kendala.

    Thanks

  40. nugi berkata:

    saya lagi cari data tentang keunggulan pasar atras negara, mogon bantuannyua bung ..
    nuwun

  41. UQ berkata:

    saya lagi butuh bantuan untuk nyusun skripsi tentang East Asia Community dalam perspektif politik luar negeri Indonesia, skalian dgn defenisi Community Group..
    makasih atas bantuannya mas,,

  42. ita berkata:

    aku mhswi ilmu hubungan internasional di Semarang, Jateng.
    mas, bisa kasih saran buat judul skripsi aku nggak??
    aku ambil studi kasus PLTN Muria, Jepara dengan membidik konsep kerjasama internasionalnya, ato ada saran lain mas??
    please…
    makasih sebelumnya.

  43. ivan berkata:

    sya mengangkat judul tentang pembangunan politik myanmar plese help about 1.focus 2,books

  44. nicky berkata:

    saya butuh bantuan referensi untuk menyusun skripsi, tentang hukum adat yang berlaku di pakistan..kira-kira dengan mengangkat kasus muktamar mai sebagai contoh kasus apakah relevan..saya bingung harus mengambil judul apa jika nanti judul saya ditolak. mohon bantuannya untuk memberi referensi sebagai pandangan. saya tertarik tentang hukum humaniter, tapi bingung harus mengkaji negara mana. terima kasih

  45. Noni berkata:

    Bung, saya mahasiswi jurusan HI dan sedang menyusun skripsi tentang pembentukan East Asia Community dilihat dari segi pembentukan security community.. Bisa tolong minta masukan tantangan apa saja yang dihadapi dalam pembentukan komunitas tersebut.. mohon bantuan referensinya.. thx b4..

  46. rena berkata:

    saya tertarik dengan the global nexus sebagai tema dalam rencana skripsi saya.tapi saya bingung menentukan judul yang tepat. dan referensi ttg tema itu masih sangat minim sekali. bung bisa bantu saya? terimakasih banyak

  47. memey berkata:

    mas asep,, saya mhs HI angk.04 saya mau tanya tentang perkembangan reaktor nuklir korut yg katanya sdh ditutup,,,t.q

  48. memey berkata:

    semester depan saya mau ambil seminar,,,mas asep bisa bantu, saya mau angkat tema tentang dampak kolonialisme di negara berkembang pasca PD II dan teori dependency antar negara dunia ketiga dengan negara maju,,,please bgt ya mas,,,kalo bisa referensinya juga,,,t.q so much,,

  49. Jo Evangel berkata:

    Dear Editor

    aq mao nanya seputar permasalahan keamanan regional Asia Timur….apakah dengan adanya revitalisasi pertahanan dan keamanan Jepang dapat berdampak bagi peningkatan atau memanasnya keamanan Asia Timur seiring dengan meningkatnya peningkatan budget militer negara2 Asia Timur……aq tunggu saran n masukan analisis dari mas editor

    thanks
    peace out

  50. beni berkata:

    Saya mahasiswa hub Internasional di jayapura dan saya mau menyusun skripsi tentang terganggunya hub diplomatik indonesia-Australia pasca pemberian visa sementara kepada pencari suaka politik warga papua di Australia. mas bisa bantu saya artikel-artikel tentang menyangkut judul ini ka?
    thanks mas.

  51. Editor berkata:

    Teman-teman yang menginginkan literatur atau link mengenai hubungan internasional belum dapat dipenuhi, nanti diupayakan terus terutama topik-topik khusus

  52. raf berkata:

    saya Raf, mahasiswa HI Muhammadiyah University of Yogyakarta
    thanks support data nya…yang lalu.
    tanya lagi nh..?? mengenai keadan politik keamanan Asia timur era perang dingin bisa tolong diinfokan makasih….

  53. very berkata:

    halo mas asep gimn kbr nich aq mahsiswa hi 04 unhas sedang mencari judul skripsi tentang masalah nuklir korut bisa g mas asep kasi solusi atw masukan??? Thaks b4………….please RPLY

  54. bonang berkata:

    apakah Anda setuju jika hipotesis saya terhadap Jerman yang berkeinginan menjadi Anggota Permanen DK PBB itu akan terwujud???

  55. Ayu berkata:

    Saya mahasiswi HI’04,lagi kebingungan cari tema untuk saya angkat menjadi skripsi,saya ingin mengangkat mengenai Jepang, hal2 umum mengenai jepang yang saya tau banyak yang sudah diangkat menjadi skripsi … ;( adakah masukan untuk saya?baik tema maupun tema alternatif lain.
    Nb: saya kurang menguasai mengenai Timur Tengah…
    Atas saran dan masukkannya saya ucapkan terima kasih…

  56. hendra berkata:

    mas, saya lagi ngerjain skripsi mengenai perdagangan bebas antara mexico- uni eropa. menurut mas, hal apa aja yang perlu di jabarkan dalam skripsi tersebut. dan kalau boleh ada nggak data yng relevan mengenai kasus tadi. oh, ya jawabannya dikirim ke email aja. thanks ya mas.

  57. agnes berkata:

    saya mahasiswi universitas brawijaya malang,prodi hubungan internasional.saya membutuhkan banyak referensi ttg HI,mohon dikirimkan di email saya.trimakasih

  58. Yanto berkata:

    Mas, Saya Mahasiswa HI semster akhir dan bingung ingin menulis apa untuk skripsi saya, saya mengambil konsentrasi Pertahanan dan Keamanan..
    Saya minta tolong, judul apa yang kira-kira masih relevan untuk masalah pertahanan dan keamanan global saat ini?

    Terimakasih Mas..

  59. gusdur berkata:

    wah kayakx sy baru dapat orang yg bisa nolong nih…Bang,sy mau bahas SKRIPSI ttg NGO spesifikx mengenai WCC(world council of churches), dewan gereja2 dunia, tapi bingung mulai dari mana n sebaiknya bahas apax, bisa minta saran g bang, menurut abang teori apa n fokus ke mana sebaikx THANKS B4…

  60. gusdur berkata:

    Bang, sy mau nulis skripsi ttg WCC,world council of churches ato dewan gereja2 dunia tp bingung mau mulai dari mana n bahas apax.kalo boleh minta saran, teori apa kira2 yang pas s pake n fokus pembahasanx kemana?…thanks b4

  61. IKA berkata:

    saya mahasiswi HI semester akhirakan mengerjakan skripsi, saya ingin memilih studi kasusnya di indonesia dalam bidang ekonomi karena program khusus saya bisnis intr’l tapi masih bingung menetukan dgn negara apa. jd bisakah mas memberikan masukan pd sy? trima kasih sblmnya.

  62. ryan berkata:

    hello bung asep bisa g bantu very cari masalah yang bagus diangkat dalam skripsi yang berkesinambungan dengan isu-isu politik sekarang ini, ok thaks a lot and saya tunggu kabarnya di emailku as soon as posible, 1x lagi thanks b4

  63. e'er berkata:

    mas, minta penjelasan tentang teori kebijakan luar negeri, konsep security dilemma, image theory dan action-reaction model. serta buku atau website yang terkait dengan itu makasih mas,,

  64. Cie berkata:

    saya sdg menyusun skripsi tentang greenpeace dan usahanya menghentikan perburuan paus secara komersil oleh Jepang.mnrt ms bahasan sy ini menarik ato tdk untuk studi HI.Kemudian ada saran untuk teorinya?sekalian bisa dibantu untuk sourcenya terutama dari buku. d tunggu y bantuannya….. thx b4

  65. emon... berkata:

    mas,saya lg dapet tgs mata kul kawasanpasifik, tema saya Konflik semenanjung korea, namun saya masih sangat ngeBLANK dalam menentukan judul makalah saya..
    tapi dari beberapa bahan yang saya punya, saya ingin mengangkat tt krisis nuklir yang terjadi. namun saya blm dapat menentukan judul makalah saya secara spesifik.
    mohon sarannya beserta situs2 yang dapat membantu saya.
    tolong sekali,secepatnya..karena 22 oktober 2007 makalah saya sdh hrs masuk ke email dosen saya.

  66. ya2n berkata:

    mas saya mahasiswa HI smester akhir.rencananya mau nulis skripsi “motivasi Iran untuk tetap mempertahankan program nuklir (kajian konstruktivis)”. masalahnya saya kesulitan mencari literatur (buku,jurnal,artikel, tentang konstruktivis dalam ilmu HI). bisa bantu saya nuat nyari literaturnya??
    terima kasih

  67. yusran berkata:

    mas minta pertimbangannya ya, kebetulan kami (universitas budi luhur) berinisiatif untuk mengadakan konferensi internasional mahasiswa hubungan internasional dengan tuan rumahnya UBL. konferensi ini akan melibatkan mahasiswa hubungan internasional yang ada di kawasan ASEAN, pusat kajian ASEAN yang ada di beberapa universitas di luar negeri. tema yang akan diangkat mengenai seputar persoalan di ASEAN, mohon kiranya mas bisa memberikan grand theme, serta sub-sub tema yang akan menjadi pembahasan selama dua hari penyelenggaraan. jawabannya ditunggu secepatnya ya mas. kalau tidak merepotkan kita bisa janjian ketemu langsung. waktu dan tempatnya kami persilahkan mas yang menentukannya. terima kasih

  68. Riki berkata:

    Ass…MAs saya mahasiswa HI, bulan ini saya berniat untuk mengajukan skripsi, tapi saya masih bingung dalam menentkan tema yang hendak saya ambil…saya sangat tertarik untuk membahas masalah Greenpeace, konflik timur tegah khususnya mengenai pengaruh kebijakan politik AS terhadap kerjasama dengan Arab saudi yg berkaitan dengan jaringan al qaida..pls mas help me to fine fix teme and all the reasouce data nya..pls bgt mass plsss plsss plssss

  69. Riki berkata:

    my e-mail riki_vjay81@yahoo.com
    Untuk teman2 HI pls kasih juga masukan dan ispirasi untuk judul skipsi saya..plsss bgt yg banyak datanya jadi gak pusing…bantuin yah karna teman2 saya dah pada di wisuda sakit hati saya teman

  70. chandra berkata:

    artikel bung asep sangat menarik. untuk kelanjutannya saya ingin tahu mengenai beberapa penyebab runtuhnya perang dingin. besar harapan saya bung asep bisa memberi jawaban via email saya. terima kasih.

  71. Kukuh berkata:

    saya mahasiswa HI semester akhir dan hendak menulis skripsi, saya tertarik pada pembahasan intelijen/spionase, karena saya yakin keberadaannya sangat penting dalam hubungan internasional, tapi judul saya selalu ditolak, bisa bantui saya mas mencarikan isu yang bisa diangkat? dan literaturnya, dengan pokok permasalahan EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KEGIATAN INTELIJEN DALAM PENERAPAN KEBIJAKAN LUAR NEGERI, tolong ya mas, terima kasih.

  72. yasin berkata:

    mas, saya mahasiswa HI semester akhir Universitas Dili…lagi nyari judul buat skripsi….saya bingung harus milih judul yang mana…tolong beri masukan atau kalo judul judul skripsi saya minta…….
    thanks..

  73. Abel berkata:

    mas saya abel mahasiswa HI semster akhir.. saya bingung banget mau nentuin judul apa karena aya juga sibuk kerja juga, saya tertarik negara2 Asia Timur , dan juga negara timur tengah…

    kira2 judul ato tema apa yang menarik untuk saya angkat.. saya tunggu jawabannya melaui email saya… terima kasih

  74. ina berkata:

    mas saya ina. boleh minta tolong? saya ada assignment tentang isu2 HI yg baru…tapi saya belum ada ide dengan judulnya.kira2 apa yah?

    saya tunggu jawabannya melalui email saya yah…makasih

  75. fadlee berkata:

    woii para calon VIP, secara keseluruhan postingan kalian yang sedang menggarap ataupun berencana mengangkat tema skripsi ko nggank ada yang menyinggung sama sekali isu, kepentingan, politik luar negeri, diplomasi negaranya si putin. padahal disitu banyak sekali permasalahan yang bisa diangkat.
    contoh : indikasi bahwa Rusia yang tengah getol2nya membangun lagi kekuatan ekonomi dan geopolitiknya, tampak ingin membuat suatu dunia yang multipolar.(tengok aja adnya SCO, re-cooperation dengan cina dari segi militer, ambiguitas mengenai masalah nuklir Iran, backing seko mburi. Dari dalam negeri sendiri, putin yang sedang mencari popularitas dimana akan tercatat dalam sejarah Rusia jika terpilih kembali untuk periode ping telu kaline.
    terserah kuatkan yang mana.
    ingat reverensi rusia angel digole’i, so buat biar jd banyak, gmn mas editor yo…opo..ora.
    bahan’e jalu kro mas editor yo woro…woro.he..he sory mas yo.trims

  76. ina berkata:

    teman2 ada yg tau pengertian public administrasi ga?ato ga development admin..saya blm paham dgn artinya…tolong beritahu saya klo ada yg paham dgn mata kuliah itu.

    makasih atas bantuannya…

  77. ina berkata:

    oh iya bagi teman2 yg paham ma westphalia constitution harap bantu saya yahhh…

    terimakasih

  78. Alfina berkata:

    Mas,tlongin aq dunk…
    aq bingung gimana peta politik internasional saat ini dengan kemunculan kekuatan ekonomi baru dalam hal ini saya masih bingung antara milih india atau cina sebagai pokok bahasan saya.Saya pengen ngambil tntang India, tp bahannya kurang banget..kira2 dimana ya saya bisa dapat banyak bahan tentang itu??
    tlg bls ke email saya ya mas..as soon as possible..thanks atas infonya….

  79. ina berkata:

    teman2 gimana klo qta buat milis ttg anak2 HI,biar qta bisa saling bantu
    makasih

  80. Edward Sinaga berkata:

    mas,kepentingan nasional tuh apa sih sebenernya?hehe,,cetek bgt yah pertanyaannya..

  81. okky tirtoadhisoerjo berkata:

    saya bingung kenapa ya ketika mendengar kata hub.internasional, lantas saja monitor visual imajiner di dalam otak kita menampilkan slide2 konflik antar negara, kecamuk perang antar negara, perang dunia, blok anu versus blok itu, dsb.

    sependek yang saya tahu, hub. internasional itu toh bukan melulu politik. secara etimologis, ada pakar yg menyoal international relation sebagai hub antar bangsa, bukan hub antar negara yg lebih tepat disebut inter-state relation.
    tapi saya tidak mau berkubang disitu, paling tidak saya tidak terganggu dg sebutan inter-national relation karena memang most of country in the world kan mengamini nation -state system.

    yg saya pertanyakan justru locus dan focusnya. apakah HI hanya mengatur tata pergaulan antar negara, atau sub organ, supra organ, atau bahkan kelompok kecil masyarakat? lalu mengenai focus, apakah HI hanya mengurusi ranah politik an sich? lantas bagaimana dg perekonomian internasional? masyarakat ekonomi eropa, inter-cultural relation, exchange students, etc. ? dan apakah HI juga menyentuh tata pergaulan militer international seperti kerjasama militer pada liga arab?

    thanx alot,
    salam kenal,

    okky (kelompok studi KEDAI PEMIKIRAN)

  82. luthfi anshory berkata:

    ass. mas numpang tanya

    kan amerika lagi berantem sama iran, indonesia kan diposisikan tuh.. na trus menurut mas indonesia hrs gmn? sbg negara muslim terbesar kan malu kalo gak dukung iran. tp kalo dukung iran nanti diomelin amerika, gak dikasih jajan lagi, kan repot…. ??? sementara dlm teori konflik, pihak netral kan harus di”posisi”kan?

    luthfi,
    mahasiswa politik islam UIN
    pegiat kelompok studi KEDAI PEMIKIRAN

  83. alin berkata:

    mau tanya tentang konflik indonesia dan malaysia yg ampe ngelibatin dunia maya (perang antara bloger indonesa dan malaysia)

  84. ipeh_HI 04 UNMUL berkata:

    bingung nyari masalah..buat nentuin judul skripsi, mau studi kasus fenomena dah kebanyakan, mau Teori dari pakar2 HI takut keteteran coz fenomena mang lbih mudah ktimbang teori2…gmana neehh…-_-“

  85. cakra berkata:

    lg bingung nih maw nntuin judul skripsi,,,
    ada usul,ide gak mas tentang isu kontemporer saat ini.
    pengennya sih fokus dlm masalah pemanasan global
    cuma ngga tau maw mulai dr mana?
    kalo ada saran mas reply aja di
    cakekue@gmail.com

    thanx b4
    cakra,,,HI-Unhas03

  86. tommy berkata:

    sebuah esai yg bagus n lugas.
    ane kagum sama antum
    semoga kita bisa sering komunikasi untuk saling tukar ilmu dan informasi
    salam kenal
    Tommy
    HI_Unair

  87. Editor berkata:

    Salam kenal untuk Tommy.

    Mohon maaf tidak semua permintaan bisa dijawab sekarang.

    Salam kenal juga untuk semua rekan yang berasal dari jurusan hubungan internasional

  88. mORa berkata:

    Mas, saya mau bertanya tentang Perkembangan Nuklir Korea Utara :
    1.Apakah Korea Utara sudah total menghentikan program pengembangan senjata nuklirnya?
    2.Pasca pertemuan “The Six Party Talks” di Beijing Februari 2007, Korea Utara sepakat untuk menghentikan program nuklirnya, apakah betul akan menutup seluruh reaktor nuklirnya?
    3.Kalau memang betul Korut sudah sepenuhnya menghentikan program pengembangan senjata nuklirnya, apa kebijakan luar negeri Korut sehingga mau menghentikannya?
    4.Kira-kira apa yang dilakukan Korut pasca penghentian senjata nuklirnya?Adakah kemungkian Korut akan kembali mengembangkan senjata nuklirnya?
    Mohon bantuannya,Terima Kasih!

  89. Editor berkata:

    1. Korea belum secara resmi menghentikan program nuklirnya. Masih negosiasi dan ingin mencairkan bantuan Barat sebelum melucuti instalasinya.

    2. Baru pada tahap pelaksanaan tetapi tampaknya tertunda.

    3. Korut ingin mendapatkan bantuan ekonomi

    4. Korut akan tetapi mengikuti garis keras komunisme sehingga program nuklir bisa muncul lagi.

    Anda isa juga melihat analisa dan berita di

    bbcnews

  90. santo berkata:

    saya masih bingung mengenai masalah strategi politik soeharto di kawasan asia tenggara

  91. jeko silva berkata:

    silvajeko@gmail.com
    Hi mas Asep, saya sgt terharu dengan artikel bapa yang diatas , saya sadr bapa banyak mengetahui informasi luar seperti , isu – isu hubungan internasional atau masalah di timur tengah ,, bole bapa memberi sedikit gambaran tentang masalh TIMUR – TENGAH soalnya aq lagi rencana membuat judul skripsi mengenai maslah timur – tengah ,,, judul thesis aq ( KEBIJAKAN POLITIK LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT TERHADAP TIMUR – TENGAH . ) bole bapa membantu aq mengenai masala ini … terimakasi

  92. Ali Maksum berkata:

    Salam,
    Mas saat ini saya sedang menyusun thesis master HI di UMS Malaysia, tema yang akan saya angkat adalah tentang hubungan Indonesia-Malaysia, yang saya tanyakan era apa yang sesuai dan menarik untuk diangkat

    1/Pasca Perang dingin
    2/Pasca Orde Baru/Reformasi

    mohon sarannya dan kalo bisa mohon bantuan artikel atao jurnal on line (web site/soft copy nya)

    Harap maklum mas saya S1 bukan di HI tapi Adm Negara.jadi perlu banyak saran dan nasehat.

    sebelumnya mohon maaf dan terimakasih

    Wassalam,

    Ali Maksum
    email : gholix@yahoo.com
    blog : gusali.wordpress.com

  93. rora berkata:

    mas..saya rora mw tanya tentang judul hambatan- hambatan perdagangan norwegia dengan uni eropa. bisa bantuin cari data tentang judul tersebut?

  94. Eby berkata:

    Hallo mas.. kebetulan saya mahasiswa HI yg lg mau nyusun skripsi..
    saya minta saran& advice nya, untuk judul skripsi saya blm menemukan judul2 yg pas, dan sampai saat ini msh mengalami kesulitan mencari judul yang baik untuk skripsi saya. kebetulan deadline batas pengajuan judul jg sudah mau berakhir.. mohon bantuanya mas/ teman2.. saya tertarik dgn negara- negara di amerika latin atau di seputar negara- negara afrika… Kl mengangkat tema masalah isu kudeta mantan presiden habibie thn 98′ itu gmn mas, bisa atau tdk ya utk dijadikan judul skripsi? terima kasih byk atas bantuanya mas..

  95. Reyza berkata:

    mas, saya mau tanya mengenai event2 olahraga dunia seperti olimpiade atau world cup terhadap pengaruhnya dalam politik dunia….. punya bahan2 nya?….

  96. Saya sebagai mahasiswa HI merasa sangat terbantu dengan tulisan2 Anda. Maklum sebagai angkatan muda saya masih butuh banyak referensi untuk buku dan tulisan Anda sangat membantu studi saya Jika ada hal-hal baru yang berhubungan dengan konteks HI mohon untuk dipublikasikan lebih lanjut.

    Terimakasih.

  97. Rimba berkata:

    mas, bisa nolongin Rimba. please kasih tau rimba tentang teori peranan dan teori kepentingan menurut para pakar. karena rimba kesulitan untuk menulisnya untuk di landasan teori dan konsep. skipsi rimba ttg Peranan sebuah organisasi sebagai alat propaganda Amerika. please…bantuiin yah. sebelumnya makasih

  98. Rimba berkata:

    bagi teman2 yang lain yang mengetahui ttg teori peranan dan teori kepentingan menurut para pakar. tolong email Rimba yah. karena disini sangat sulit mencari data nya. ini email Rimba hesaiko@yahoo.com. terima kasih semuanya

  99. Ddaf berkata:

    salam sejahtera…
    mas saya mau minta tolong nih..
    saya Ddaf mahasiswa HI Unpas 03, skr saya lagi Nyusun skripsi.. nah judul saya tentang peran NATO pasca perang dingin dan implikasinya terhadap stabilitas keamanan Eropa Timur..
    kalo seandainya mas Asep punya bahan/data mengenai tema tsb saya mohon bantuannya..
    ini email saya dd_al_fath@yahoo.com
    sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih..

  100. haqrah dewi berkata:

    ass. mas tolongin aku donggggggggg……..aku mahasiswi hukum program studi hukum internasional. sekarang aku sedang skripsi n ambil judul :”ANALISIS YURIDIS PENGARUH KEKUATAN DIPLOMASI TERHADAP KEDAULATAN NEGARA INDONESIA (STUDI KASUS SIPDAN DAN LIGITAN)” mas masalahnya kemarin pembimbingku gak terlalu suka dengan kasusnya, aku disuruh nyari kasus lagi yang lebih luas cakupannya n bukan cuma indonesia aja, misalnya kasus antara jepang-korea misalnya yang menyangkut masalah pelanggaran kedaultan akibat lemahnya diplomasi sebuah negara. sekarang aku sudah pontang-panting nyari kasusnya tapi belum dapat-dapat. so plizzzzzzz helf me masssssssss. plizzzzzzzzzz.kalo bisa balas di e-mail aku aja. hormat aku haqra dewi.WSS

  101. aditya fibrosa berkata:

    terima kasih atas informasi yang diberikan, semuanya memberikan saya banyak pengetahuan, satu permintaan saya kenapa tidak dibahas satu persatu tentang krisis yang terjadi selama perang dingin (cold war), seperti krisis kuba, perang vietnam dan lainnya. saya minta jawabannya!

  102. nophew berkata:

    kalau boleh tau anda bisa memberikan saya masukan tentang masalah konflik perbatasan cina – india sesudah perang dingin…?????????/

    saya sedang butuk opini2 dan bahan2 mengenai topik tersebut.

    atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih…

  103. jimmy berkata:

    artikel anda sangat membantu dalam proses penyelesaian skripsi saya. saya mengambil POLITIK ANTI-HEGEMONISME CHINA DI ASIA TIMUR.
    bagaimana menurut anda sebagai pengamat, bahwa banyak sekali perbedaan pandangan diantara para penstudi HI mengenai pergeseran sistem internasional pasca perang dingin. apakah unipolar atau multipolar dan sebagainya..
    mohon di referensikan. thx

  104. jurianti berkata:

    mas, thx buat masukannya. saat ini sy sedang membahas motivasi cina melakukan normalisasi hubungan bilateral dengan india pasca konflik perbatasan. tapi sy msh binggung. plizz kasih saran atau artikel or referensi yang berhubungan dgn case ini. thx ya mas.

  105. cie berkata:

    mz Asep yg baik
    sy sdg skripsi ttg greenpece dan comercial whaling nya Jepang. sy pngen diskusi ttg skrip sy. gmn klo mz cb liat BAB I sy. ntar sy krm ke email mz.
    mhn bantuannya cz sy hrs kejar date line bln Mei
    trims, sy tunggu kbr baiknya

  106. Ayu berkata:

    Salam HI, mas Asep!
    seneng baca artikel dan komen2nya.. terima kasih..
    jadi tahu bahwa ternyata banyak yg seperjuangan lg nyusun skripsi.
    Semoga sukses juga thesis Indonesia-Chinanya
    Salam kenal, Ayu desu. Menjelang skripsi, ngungsi ke Jepang dulu.
    Lagi nyari2 bahan, minta bantu doanya biar lancar.

  107. fayza berkata:

    seneng juga baca site ni
    jadi ngrasa punya banyak temen yang snasib spenanggungan
    —sering ditolak judulnya ma dosen—:)

    klo ada yang klebihan ide buat judul skripsi, bagi2 ke aq yah…
    lagi buntu buanget ne…

    buat mas editornya, bisa kasi saran ga buat judulq ntar, q tertarik banget soal media, pi q sbenere bingung apa hubungan media ma hubungan int’l, truz juga soal metodenya, cz yang q tau kalo qt mabil media kan metodologi yang dpake kan kajian sastra gitu..

    teramat sangat butuh bimbingan ne…

    —fayza: twinkle_aurora@yahoo.com
    085232530617

  108. chebonk berkata:

    wah, gw baru tau ada blog ini… pas baca koment2nya ternyata banyak banget yang senasib sepenanggungan sama gw–sama2 pusing sama skripsi hehe…

    kemaren pusing mikirin judul, sekarang judul udah dapet, pusing mikirin ngerjainnya.. terus aja dah pusing ga berenti2 hahaha…

    btw, salam kenal semua….

  109. adrian berkata:

    ass, bang acep aq lg cari bahan skripsi tentnag parawisata bisa g minta masukan kirra-kira teori apa yang tepat dalam skripsiku…
    thanks b4, adrian777
    please replay as soon as posible
    thanks alot………

  110. putra berkata:

    Ass. ada yang bisa tolongin ak g? ak mahasiswa HI yang mau mengajukan judul untuk skripsi, tp ak sampai skrng blm nemuan judul yg bagus atau cocok, jd yang punya ide ttg masalah politik yang bisa untuk dijadikan bahan skripsi saya ucapkan banyak2 terima kasih……..Wss

  111. UTA berkata:

    ASsLmkm,,,
    aq seneng bgt bc Blog ini.. b’manfaat bgt bt kita2 yg lg nyusun Skripsi..
    Makasi de, bt Mas Editor yg Udah nyempetin dgr Curhatan kita2 n Mo Ngebantu ksi Sarannya,,

    BTw ne, judul Skripsi ku ” Strategi Ekspor Tekstil Indonesia Ke AS pasca Pembebasan Kuota WTO (2005-2008)”

    Menurut mas Editor gmna? punya masukan ga?

    dan aq kesulitan Data nya mas, …
    Pliss, bantuin ya, kalo ada referensi JurnaL, buku or Situs yg berkaitan dg ini aq mhon bgt, kirimin ke email aq ya,,,

    rasuta_165@yahoo.co.id
    or sms mas ke : 0852 658 99919
    0761 77 66341

    Or, bt tmn2 yg mo bntuin aq jg makasi bgt ya,,

  112. mohammad firaz berkata:

    artikel ini cukup bagus terlebih-lebih memberi tahu gw hub internasinal tuh seperti apa sehingga gw bangga bisa memilih jurusan ini sebagai jalan hidup gw semoga masih ada lagi artikel-artikel yang bagus buat pengetahuan gw

    siswa sma taruna nusantara magelang
    054521

  113. pungkypinky berkata:

    ass..
    senangnya byk tmn dsni yg sm2 mau garap skripsi.
    sy baru mau ngajuin judul,tpi lagi buntu apa y??
    sy c pengen garap skripsi yg sesuai dengan ketertarikan saya,kalo yg berhubungan dengan AS,Irak,Iran,Myanmar,Tibet-Cina,dll..udh terlalu biasa dan kadang dos suka seenaknya gak ACC!:(
    mas asep pny referensi gak,misalnya tentang miss universe gtu,ato MTV,kira2 hubngnya dg HI dan byk bahan nya apa y mas judul yg sesuai??
    teman2 yg lain jg boleh bantu kalo bisa..
    thank’s be4..
    salam kenal..^^..
    via email aja: blue_chiell@yahoo.com

  114. Ririn berkata:

    assalamu’alaikum…
    mas salam kenal ya..
    saya mahasiswa HI sekarang lagi menginjak Semester 4.
    aku boleh minta tolong masukannya g mas…?
    sssesama mahasiswa HI menurutnya mas kira-kira kasus internasional apa yang bisa dan cocok buat aya ajukan dalam menggarap tugas saya ya…?
    selama ini si… saya cenderung punya banyak referensi tentang kasus di Middle east sana…
    kalo boleh tolong bantu ya… mas kira-kira kasus apa yang baiknya saya angkat selain tentang timur tengah. trus kira-kira rekomendasi dari maas buku apa aja yang cocok buat pemula di HI ini buat saya?
    thanks.. harap di balas ya mas.. via email aja!!

  115. Editor berkata:

    Rekan-rekan mahasiswa HI, sebagian jawaban sudah diemailkan. Mohon maaf bila tidak semua terjawab.
    Untuk Ririn: yang menarik sekarang tentu kemampuan Iran di bidang nuklir dan pengaruhnya di Timur Tengah.

    Untuk Pungkypinki: Itu isu menarik, saya pernah baca sebuah buku pengaruh Harry Potter dalam Hubungan Internasinonal, pendekatan budaya. Silahkan dilanjutkan soal pemilihan Miss itu mungkin pendekatan budaya

  116. ita berkata:

    Studi tentang perkembangan dan perubahan dewasa ini menjadi perhatian yang cukup kontroversial dalam kajian Hubungan Internasional terutama asumsi-asumsi terwujudnya dunia yg lebih aman dan damai.
    Tapi tetap saja Amerika menjadi “sang penguasa” di kancah global. Untuk lebih memperkuat powernya, AS juga menjalankan trik-trik propaganda untuk setidaknya menyebarkan berbagai hal yang “ala Amerika”, salah satunya dengan memanfaatkan Hollywood (yg slama ini kita kenal sbagai surga visual), setidaknya wacana itu yg muncul di benak saya. Mas, tolong dong saya dberi sdikit penjelasan tentang bagaimana strategi2 AS terhadap Hollywood (propaganda, agenda setting, dll) yg juga bisa menjadi instrumen untuk mewujudkan kepentingn nasionalnya. mohon dengan sangat bantuannya. trima kasih.

  117. alin berkata:

    mas saya binun cari judul skripsi…tiap ngajuin ada az yg salah..ampe jd mentok, aq sih tertarik ma perekonomian cina yg mulai mengusai pasar dunia…bantuin saya donk mas…jdul sperti apa yg cock buat tema saya itu..

    alinjpg@yahoo.co.id

    by. alin HI unmul 04

  118. Maisa berkata:

    ao..mas”… saya mahasiswa HI juga..sedang ngerjain skripsi tentang asia timur, TAPI terhanjal sama masalah konsepnya… mau minta tolong, kalo mas punya “Konsep Lingkungan strategis dan Konsep Perubahan”.. bagi dunk..atau punya link buat masuk ke websitenya juga boleh… ni e-mail q (mice_hackers@yahoo.com)..kalo ada..minta tolong dikirim yahh… terima kasih sebelumnya… :) ^.^

  119. arizona berkata:

    mas boleh minta tolong ga…saya butuh jurnal ttg travel warning ada ga yah kira-kira..

    bisa minta referensinya ga..

    makasi kl ada,bwt skripsi nih…

  120. nisa berkata:

    mas saya mau bikin skripsi ttg langkah barack obama selama kampanye presiden skrg mpe nanti klo dia bener2 jd presiden.Refrensi banyak,tp saya bingung harus mulai dr mana dan apa yg harus saya bahas disini.

  121. Oka Ramos berkata:

    Selamat Sore Mas Asep…

    Saya Mahasiswa FISIP HI 2004 Univ. Prof. Dr. Moestopo.

    Sekarang saya sedang menyusun skripsi mengenai hubungan amerika serikat – iran.

    Fluktuatifnya hubungan kedua negara ini dari masa ke masa Ali Khamenei – Ali Akbar Hashemi Rafsanjani – Mohammad Khatami – Mahmoud Ahmadinejad. Dimana hubungan kedua negara ini Naik dan Turun dibawah kepemimpinan masing-masing presiden.

    Kiranya masa asep, mau memberi tahu saya kira-kira teori-teori apa yang bisa dipakai karena yang baru saya dapat adalah Teori Kepentingan Nasional.

    Apakah mas asep punya link-link yang bisa saya dapatkan untuk memperkuat data-data saya!

    Regards.

    Oka Ramos Djaksa Putra.

  122. wah akhirnya saya menemukan artikel yang bagus!!! Mas klo boleh saya ingin banyak bertanya pada mas tentang Hubungan Internasional…
    email saya di chandra_kagendra@yahoo.co.id
    Terima kasih banyak!!!

  123. Yohanes Dodi berkata:

    salam kenal mas editor…
    mas, saya mahasiswa HI IISIP Jakarta, rencananya saya mau mengangkat judul tentang Economic Partnership Agreement Jepang dan pengaruhnya terhadap persaingan pengaruh dengan China di Asia Tenggara…

    saya bingung tentang konsep atau teori yang akan saya gunakan mas, apakah hal yang akan saya bahas bisa menggunakan teori “Balance of Power”?

    menurut mas apa lagi konsep/teori yang bisa menjawab permasalahan tersebut?

    Thanks ya mas…

    bales ke email saya

  124. muhammad dafri berkata:

    assalamu alaikum. wr.wb.
    saya mahasiswa hi unhas, ingin mengetahui perkembangan kajian lingkungan hidup dalam hubungan internasioanl. mohon kiranya bisa di informasikan artikel-artikel atau bahan- bahan mengenai lingkungan hidup. e-mail:muhammaddafri@yahoo.com

    terima kasih

  125. saya sangat tertarik akan tulisan2 mas, juga dengan comment2 dr teman2 HI se indonesia.

    mas, saya sedang menyusun skripsi nie..
    namun saya sedang bingung memilih judul skripsinya karna di kampus saya diberikan beberapa ketentuan mengenai judul skripsi..
    sbg contoh saya tidak diperbolekan mengambil judul yg bersifat “Dampak” atau “Hubungan antar..” juga dihentikannya pmbahasan skripsi mengenai NGO..

    bagaimana ya mas, kira2 ada tdk masukan dr mas mengenai isu2 intenasional yg bs mnjadi referensi judul saya..terus terang saya tertarik mengenai JEPANG.. namun krn aktivitas saya yg padat 1th trakhir ini (kuliah smbil kerja) saya kurang up to date mengenai isu2 yg terjadi di negara sakura tersebut.
    mohon bantuan dari mas, saya tunggu di email saya yaa mas

    slj_1909@yahoo.com
    tkub4 ^^

  126. rahma berkata:

    bantuin aku dong mas,
    aku lg bikin skripsi ttg gerakan taliban vs USA.
    aku harus pk teori apa? nyari datanya juga susah lagi..

  127. kikit berkata:

    kebetulan saya adalah mahasiswa jurusan hubungan internasional di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Saya sangat tertarik dengan isu-isu internasinal yang sudah dan sedang terjadi.

    halaman ini menambah pengetahuan saya terutama tentang peristiwa Cold War.

    Terima Kasih

  128. Luthfiah hadi berkata:

    besok saya ada mata kuliah pengantar hubungan international. nach…babnya itu tentang perselisihan dan peperangan tolong jelaskan sama saya apa itu?

  129. tiara berkata:

    saya mahasiswa HI,now lg butuh bantuan ne bwt cri topik n data bwt siapin skripsi insyaallah smester depan, pengennya sih analisis hubungan militer Indonesia AS pasca kemenangan Obama, mohon infonya….cz masih mentah ne,,,tengkyu

  130. tiara berkata:

    kalo gak signifikasi NATO terhadap perkembangan militer Uni Eropa…oyi

  131. inty berkata:

    mazzzz…
    minta bantuannya dunkzzz
    aq mahasiswa HI’05…
    Lagi binggung cari judul skripsi…
    pngennya yang data-datanya mudah dicari dan ga sulit2 amat..
    mungkin bisa kasih masukan lwat emailq di scatzhy_blue@yahoo.com

    makacie….di tunggu bantuannya ya maz….

  132. rio HI UNRI berkata:

    mas, saya mau minta penjelasan tentang ” bagaimana dilema security antara amerika dan inggris pasca perang dingin” yang sama2 kita ketahui, 2 negara tersebut selama perang dingin merupakan negara sekutu”

    mohon bantuannya mas….

    email saya : rio_caemhi@yahoo.com

  133. anita nazar berkata:

    salam kenal,
    saya mahasiswa HI yang sedang mengumpulkan data-data untuk skripsi.
    saya ingin tau, bagaimana isu mengenai lingkungan terutama masalah perubahan iklim pasca perang dingin.karena isu lingkungan hidup termasuk isu yang yang baru.Menurut info yang saya dapat perubahan iklim juga berdampak pada kondisi politik, ekonomi, sosial (kemiskinan) bahkan pertahanan dan keamanan . dan hal tersebut dapat kita rasakan sekarang.
    Ada pula yang mengatakan bahwa krisis ekonomi dan lingkungan saat ini sesungguhnya berasal dari filosofi dasar yang sama: keserakahan liberalisme ekstrim.dimana para kapitalis juga menyebabkan eksploitasi sumberdaya alam yang lepas kontrol. Eksploitasi ini memang menggerakkan ekonomi dunia, namun meninggalkan jejak kerusakan lingkungan yang parah.

    sejauh mana para penstudi HI menyikapi hal tersebut?
    Apakah perlu paradigma dan sistem politik dan ekonomi global yang baru?dan kira-kira teori- teori HI apa saja yang bisa saya gunakan untuk menguji hal tersebut.

    saya sangat berharap mas mau memberi info tentang hal itu.klo bisa mas juga beri masukan- masukan yang terkait.

    saya tunggu balasanya lewat email: anita_naz02@yahoo.com.

    thanks a lot!
    ( anita HI unpaz 05′)

  134. shenna berkata:

    mas, saya mahasiswi HI UNPAD semester 2.
    saya mau tanya tentang definisi HI kawasan saat perang dingin dan pasca perang dingin,
    terimakasih

  135. riry berkata:

    mas sy mahasiswa HI UnHas, skg lg nyusun skripsi. pux konsep tentang negara super power nggak ???

  136. rinny berkata:

    mas, sy rinny, punya penjelasan tentang hubungan internasional kawasan asia pasifik g??? n penjelasan tentang kondisi asia pasifik setelah dan sebelum cold war???
    thanx yah!!!

  137. Taufik berkata:

    Butuh sukarelawan neh,, ada yg mau ngejawab pertanyaan2 saya ga? mengenai bantuan luar negeri AS ke Irak pasca invasi… ini buat lampiran wawancara saya dlm skripsi saya….bagi yang mau tenang aja,,pasti saya masukan nama anda ke dalam lampiran skripsi saya? hehehe…..

    taufiksapta@gmail.com

  138. Liana berkata:

    Ada yang punya informasi tempat kkl HI ga???
    kalo bisa kirim ke gmail saya ya?!
    liana.nurul@gmail.com

  139. syahyudi berkata:

    apa hambatan Diplomat Ind, karena diplomasi Ind tdk bergigi misal Mahasiswa Ind yg katanya bunuh diri di kampusnya Singapura, perlakuan majikan Malaysia kpd TkI, pelecehan Lagu Kebangsaan Ind Raya & perampasan budaya Ind oleh Malaysia dll

  140. Indra berkata:

    hebat..hebat..

  141. eka berkata:

    Mas,, saya mahasisiwi HI,,saat ini sdg mempersiapkan skripsi,,saya tertarik mengenai topik lintas budaya. ada ide gak mas? karena saya kebetulan sedikit bingung jg heheh ditunggu balasannya via emali saya. terima kasih banyak..

  142. Elsina Akwan Saa berkata:

    trims yach…tolong dikirim lebih bacaan atau topik topik tentang HI ke Email Saya dong…sekali lagi makasih yach…

  143. Frans Sidharta berkata:

    Mas saya lagi butuh data, Jurnal atau Artikel tentang peran Kuba dalam Membantu negara Amerika Latin merubah sistem Ekonomi terkait kekecewaannya terhadap konsep ekonomi liberal, Mohon Bantuannya yaaa,,,, ini buat skripsi lhoo Mas, biar cepet lulus… Sekali lagi Terima Kasih Banyak…(chocho_franz@yahoo.com)

  144. Billy Johan berkata:

    salam kenal untuk mas Asep Setiawan

    mas, saya lg proses skripsi tp data, artikel, dan teori yg saya punya kurang begitu lengkap mohon bantuannya siapa tahu mas punya link-link untuk solusi tersebut. di sini saya mengambil judul “PERAN INDONESIA DI AIPO DALAM MENANGANI PERDAGANGAN WANITA DAN ANAK DI ASIA TENGGARA MENURUT ATURAN – ATURAN HUKUM INTERNASIONAL”…..,kira-kira bagaymana ya mas? email saya=> bjss_joe@yahoo.com

    terima kasih

    Billy Johan Sanubarry Siahaan

  145. Abduh berkata:

    Saya mau bertanya mas, kalau Bagaimana relevansi ketiga konteks waktu baik; Perang dingin; pasca perang dingin; dan post 9/11 pada studi HI..?, Mohon jawabannya ya

  146. dilla HI upn jogja berkata:

    mas tolong carikan saya judul skripsi yang ada hubngan nya dengan indonesia malaysia tolong bales ya…soal nya aku dah mw mulai mengajukan judul

  147. Etha berkata:

    Mas, aq lg bikin tugas tentang bagaimana mengatasi korupsi dari sudut pandang HI.
    Tolong kasii saran n kalo bisa referensi juga..

  148. amy berkata:

    mas tolong kasih komentar tentang judul yang ingin saya ajukan mengenai KTT millenium PBB tahun 2000. apakah ada dampak nya bagi indonesia?
    saya tunggu balesannya lewat email
    thx a lot

  149. amy berkata:

    mas tolong kasih masukan mengenai judul yang ingin saya ajukan tentang KTT millenium PBB tahun 2000. apakah ada dampak nya bagi indonesia?
    saya tunggu balesannya lewat email
    thx a lot

  150. putri HI UGM berkata:

    mas … bsa mnta referensi lain yg lbh detail ttg perang dingin ??? terutama yang berhubungan dengan keamanan global dan hubungan antar bangsa selama perang dingin dan sesudahnya …

  151. putri naya berkata:

    duhhh…
    makasi banget yaaa…
    berkat anda aqu gag di marah guru bahasa indonesia….
    hohohhohooho…
    trims..
    ::putrinayadaribali::

  152. anis berkata:

    salam.

    sy mau tau pasal Turun naik hubungan etnik di Malaysia dari zaman Melaka hingga pasca merdeka…

    harap tuan leh bgtau sy…

    sekian…

  153. hmmm,,, boleh juga nich,,
    Sangat bermanfaat bro,,
    Thanks

  154. Mau nulis skripsi.
    skarang lagi nyari2 data.
    sebagian saya dapat di blog ini.
    Makasih banyak :) :D :) :D

  155. Levy berkata:

    assalamualaikum..
    mas,.
    sya mau minta tolong dong di kasi masukan tentang judul skripsi yang bagus ttg amerika serikat..
    soalnya saya blum bisa dapat judul yang pas..

  156. yasser syam berkata:

    mas saya maw nanya donk,,setelah perang dingin apakah dampak keamanan global yang tadinya bipolar menjadi multipolar menjadikan keamanan global menjadi aman ?

  157. Moderator berkata:

    Bung Yasser, dengan selesainya Perang Dingin bukan berarti aman. Hulu ledak nuklir masih ribuan jumlahnya dan kedua negara besar AS-Rusia masih terlibat persaingan. Ditambah lagi isu terorisme maka tidak semakin aman dunia ini dari insiden kekerasan. Kira-kira begitu garis besarnya. Mungkin ada yang bisa menjelaskan lebih panjang

  158. emirald HI unpad 08 berkata:

    maaf mas saya ingin bertanya bagaimana pendapat mas mengenai global governance dalam isu globalisasi pasca perang dingin?

    terima kasih

  159. koang berkata:

    mas mw nanya ni
    isu-isu lingkungan yang santer terjadi pasca perang dingin apa aja y?
    terima kasih

  160. mira berkata:

    mas, tolong masukan untuk judul skripsi tentang china.. kalau bisa dalam bidang ekonomi…
    terimakasih banyak..

  161. Phe berkata:

    wah…menarik banget nih, Mas…makasih banyak ya..
    saya juga mahasiswa HI yang sedang garap skripsi tapi mengalami masa “buntu”…hahahah…dan kebuntuan ini sedikit kelegaan setelah baca blog ini, dibantu dengan diskusi dengan orang2 tersayang yg mendukung supaya skripsi saya cepat terlaksana dan kelar….

    Ayo para mahasiswa HI, ayo selesaikan skripsi !!! Semangaaatttt!!!

    Salam kenal,
    Pera_ HI-Unair06

  162. Hendra berkata:

    Mas saya mahasiswa hi di yogya lagi cari judul dan bahan yang berkaitan dengan negara rusia.tapi bingung judul yang belum diambil tapi banyak referensinya termasuk daftar pustakany.thanks

  163. Moderator berkata:

    Dear students, rekan-rekan yang meminta judul atau topik skripsi mohon maaf belum bisa terpenuhi, ke depan mungkin bisa dibuka kemungkinan bantuan para mahasiswa ini

  164. adlyn adrian berkata:

    sekalipun ketinggalan kalee yeah, banyak be ge te inspirasi yang bermanfaat yang bisa diambil dari sini, boleh gabung? coz I’ll joint with u… salam kenal.bila nti aku perlu share or wanna get information from u, would you?

  165. MAALA HI-UNIBRAW MALANG berkata:

    MAS… saya mahasiswa baru HI, boleh minta nomor hape gak?

    hehe,, biar saya bisa nanya2 langsung tentang tugas2 dan dunia HI yang sejujurnya pengetahuan saya masih agak dangkal, kalo boleh kirim ke email saya ya…
    mala_aghisna@yahoo.com

    thank you, nice blog!

  166. dewi berkata:

    Mas Asep ak Dewi mahasiswi HI smstr 7..Mas butuh bgt bantuan mas nih..ak lg bingung bgt nih,,ak kan mau mngajukan judul buat skripsi…Ak sih mau bgt ngebahas masalah perbatasan Indonesia-Malaysia..Mas ada ide dan saran ʼnƍƍɑªĸ??Ak butuh bgt bantuan mas..tolong ak ya mas..tolong kirim balasan na ke email ak aja ya mas..
    Klo ada tmn2 yg mau bantu tlng bgt ya…

    Thank’s ya.. ^_^

  167. ocha berkata:

    terimakasiiih sangat membantu tugas jurnal saya..:)

  168. ria berkata:

    maff
    bisa membantu saya
    tolong sii kirimin artikel tentang hubungan internasional
    besok di kumpul
    maf ngerepotin
    trims

  169. wawa berkata:

    mas tolong referensinya tentang keterlibatan amerika dalam perang korea 50-53 thank’s

  170. raissa ayu berkata:

    mas saya mahasiswa HI tp masih smster 4 dh dsruh bkin skripsi BAB 1,,nah aku bingung mau bikin skripsii tapi judul.nya apa?
    mas2/mba2 yang punya pendapat buat judul skripsi.kuu/isu2 global dunia sekarang tlong bals via email ja.. luph_aiuvanbeest@rocketmail.com
    tlong bantuannya buat semua..
    tlong bimbingannya yaaa

    thanks b4
    HI_whitecampus

  171. aya berkata:

    assalamualaikum, mau nanya.
    kalo yang dimaksud dengan isu isu hubungan internasional bagaimana dan apa saja?
    makasih yaa

  172. Joko Morgenthau berkata:

    Artikel anda sangat menarik sekali dan sy sangat terinspirasi. Sy melihat bahwa anda telah memaparkan secara komprehensif mengenai benang merah atau fenomena-fenomena penting dalam dunia hubungan internasional, khususnya masa pre-Cold War dan pasca Cold War yang sangat merubah tatanan dunia. Namun, artikel ini juga membuat sy ingin bertukar pikiran lebih spesifik terkait hubungan kerjasama Papua dengan states di luar Papua ataukah anda memiliki artikel2 yg terkait dengan Papua dalam studi HI. Sy sngat mmbtuhkannya. Thanks sblumnya. Saya mhasiswa HI-Papua.

  173. yassed satria berkata:

    mas, saya mahasiswa baru hubungan internasional,,,,, bisa d share ga mas situs2, or website untuk mata kuliah hi, trus sources nya mas,,,, thank u mas

  174. hesty karismaya berkata:

    Mas, saya hesti mahasiswa HI angkatan 09 saya sudah bingung menentukan tema mana yang menarik diangkat untuk skripsi saya, apakah keberadaan nuklir korut dan pengaruhnya pafa stabilitas kawasan timur tengah atau peningkatan nuklir iran dan hubungannnya dengan rusia, dan china? tolong dibantu ya ini email saya hestykarismaya@rocketmail.com terimakasih ^^

  175. Moderator berkata:

    Pengunjung yang terhormat, maaf sudah lama tidak updating blog ini. Selanjutnya bisa Anda kunjungi juga globalpolitics.asepsetiawan.com. email silahkan layangkan ke asep@asepsetiawan.com untuk konsultasi dan komunikasi, terimakasih

  176. zheghe berkata:

    keren buangettttt

  177. rosalina berkata:

    I got a lot by reading this useful article :D sy mahasiswa semester 5 HI, lg ad tugas paper buat final test. pilih 1 kasus dan dianalisa dengan metode HI apapun. AND I REALLY HAVE NO IDEA. tolong saran :D thankss

  178. makasih infonya, bahan bacaan yang cukup bagus tapi dari sekian banyak postingan yang masuk sepertinya hanya saya yang dari jurusan sejarah, hehe :))

  179. fitri hilda berkata:

    Pak, minta bantu, saat ini sasya sedang menulis skripsi tentang ancaman kerjasama militer rusia-cina terhahadap keamanan nasional A.S. Tetapi sya merasa kesulitan dalm mndapatkan materi yg terkait. sya hrp bantuan bpk dlm proses pencarian materi. email saya fidil44@yahoo.com. terimaksih.

  180. irawanty berkata:

    maz saya mahasiswa akhir yang sedang mencari judul buat skripsi, saya mahasiswa UNCEN, mohon bantuanx doank mazz!!

  181. Ahmad berkata:

    Mas ada artikel tentang upaya palestina buat jd anggota pbb???
    thx b4

  182. Johnb625 berkata:

    very nice submit, i definitely love this website, keep on it dgccfcakecdk

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s